Institusion
Universitas Putera Batam
Author
Putri, Suchma Herlinda Dwi Eka
Subject
658.4036 Manajemen Pengambilan Keputusan
Datestamp
2024-05-21 01:43:13
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi Pengaruh citra merek, kepercayaan
dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian Pixy two way cake di Kota
Batam. Populasi yang menjadi fokus penelitian adalah pembeli produk Pixy two
way cake di Pixy Mega Mall Kota dengan didasari pada jumlah pembelian pada
Mei, Juni dan Juli tahun 2023 dengan sebanyak 624 konsumen. Sampel penelitian
terdiri dari 244 responden yang dipilih menggunakan metode rumus Slovin yang
ditarik berdasarkan purposive sampling. Untuk menganalisis data, dilakukan
regresi linier berganda dengan melibatkan uji kualitas data, uji asumsi klasik, serta
pengujian hipotesis. Hasil dari analisis regresi linier berganda menunjukkan
bahwa citra merek memiliki pengaruh sebesar 13,0% terhadap keputusan
pembelian. Kepercayaan memiliki pengaruh sebesar 32,7% terhadap keputusan
pembelian. Kualitas produk memiliki pengaruh sebesar 30,9% terhadap keputusan
pembelian. Temuan dari analisis koefisien determinasi (R2
) mengindikasikan
bahwa citra merek, kepercayaan, dan kualitas produk secara keseluruhan mampu
menjelaskan 61,6% variasi dalam keputusan pembelian. Selain itu, uji t dan uji F
menunjukkan bahwa citra merek, kepercayaan, dan kualitas produk, baik secara
parsial maupun secara simultan, memiliki pengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan pembelian Pixy two way cake di Kota Batam.