Abstract :
Kota batam kota wisata yang tidak lepas dari parawisata liburan bahkan
menjalankan bisnis mendatangi kota ini.Industri pariwisata sedang berkembang,
perlu bantuan industri perhotelan untuk mengambil bagian dalam mendorong
penyediaan pariwisata.Hotel alternative tempat menginap yang sangat diminati
oleh semua orang terutama untuk pendatang.Hotel menyediakan tempat
menginap,layanan,makanan,minuman,fasilitas lainya sebagai pelengkap.Sekarang
ini hotel dibuat semenarik mungkin,agar bisa mendapatkan hati konsumen dan
kelengkapan peralatan serta layanan yang baik.Industri perhotelan memberikan
gabungan dari produk dan jasanya.Dengan menigkatkan kepuasaan pelanggan
salah satu usaha dalam menarik wisatawan menberikan fasilitas yang memadai
dan pelayanan dihotel.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur pengaruh
parsial dan simultan kualitas layanan dan fasilitas pada kepuasan konsumen
kaliban hotel Batam.Dalam menghitung variabel-variabel ini,peneliti
menggunakan skala Likert, dan mengumpulkan data menggunakan kuesioner.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda.
Populasi penelitian adalah pengunjung Hotel Kaliban Batam dari Juli hingga
Desember 2020 dengan total 1.203. Menggunakan rumus Slovin, 300 responden
diperoleh. Hasil uji T menunjukkan bahwa kualitas layanan (X1) berpengaruh
positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y), nilai variabel kualitas
layanan (X1) dihitung sebesar 12.140> t tabel 1.968. Fasilitas (X2) memiliki
hubungan positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y) dimana nilai
fasilitas variabel t (X2) adalah hitung 9,750> t tabel 1,968. Hasil Uji F
menunjukkan bahwa variabel kualitas layanan (X1) dan fasilitas (X2) secara
bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
pelanggan (Y).