Abstract :
Perkembangan pariwisata di kota Batam mengalami peningkatan yang sangat
pesat. Persaingan di perusahaan jasa semakin ketat sehingga membutuhkan
strategi-strategi tertentu untuk dapat bertahan di pangsa pasar yang makin meluas.
Perusahaan harus memaksimalkan kepuasan pelanggan demi menjaga
kelangsungan hidup perusahaan atau bisa disebut dengan jangka panjang. Dalam
mencapai kepuasan pelanggan yang diinginkan setiap pelanggan, perusahaan
harus bisa memperhatikan dua variabel yaitu fasilitas dan kualitas pelayanan. Pada
penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh fasilitas dan kualitas
pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Evitel Hotel Batam Karena fasilitas
yang diberikan oleh evitel hotel selalu tidak sesuai dengan kepuasan yang
pelanggan inginkan, membuat pelanggan berpikir dua kali untuk berkunjung lagi
di lain waktu di Evitel Hotel Batam. Dalam kualitas pelayanan, kurangnya
pelayanan yang diberikan seperti staf yang tidak ramah mengakibatkan evitel
hotel dipandang buruk membuat pelanggan merasa kurang puas dengan kinerja
karyawan di evitel hotel dan kurang komunikatif antara pelanggan dengan
pelayanan pelanggan. Di penelitian ini memiliki populasi sebanyak 14.580
pelanggan. Sampel yang digunakan adalah teknik convenience sampling, dalam
menghitung jumlah sampel menggunakan rumus slovin dengan jumlah sampel
100. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner.
Dalam metode pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan SPSS 21.
Berdasarkan hasil pengujian fasilitas dan kualitas pelayanan secara simultan.