Abstract :
Bank adalah dana usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan
kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau bentuk lainnya. Reputasi sebuah bank
juga mampu mempengaruhi nilai keyakinan nasabah untuk menabung di Bank
tersebut bersama dengan Komitmen dan Tingkat kepercayaan nasabah tersebut.
Reputasi ialah hasil pengakuan yang diberikan kepada perusahaan sebagai hasil dari
keunggulan yang dimiliki oleh perusahaan tersebut, seperti kemampuan?kemampuan yang dimiliki. Kepercayaan merupakan perasaan yakin nasabah
terhadap pihak lain dalam hubungan antara dua pertemuan setelah adanya data yang
berbeda. . Kepuasan merupakan tingkat kesenangan konsumen berkaitan dengan
pemenuhan kebutuhan konsumsi konsumen. Jenis penelitian ialah suatu aturan
guna melaksanakan tujuan penelitian yang ditetapkan serta dijadikan sebagai
pedoman peneliti saat proses penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini menggunakan analisis regresi berganda dengan dilakukan pendekatan
kuantitatif. Pengukuran yang digunakan dalam penelitian merupakan data primer
dan sekunder dengan menyebarkan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa pada hasil uji t variabel reputasi memiliki nilai signifikan 0,000 < 0,05
dengan nilai t hitung 6,860 > t tabel 1,968 dapat dikatakan bahwa reputasi
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Hasil uji t variabel
komitmen memiliki nilai signifikan 0,000 < 0,05 dengan nilai t hitung 2,207 > t
tabel 1,968 dapat diartikan bahwa komitmen berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan nasabah. Hasil uji di atas variabel tingkat kepercayaan memiliki
nilai signifikan 0,000 < 0,05 dengan nilai t hitung 10,625 > t tabel 1,968 terbukti
bahwa keperayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah.
. Berdasarkan hasil yang di dapat pada pengujian F didapatkan F hitung F hitung
319,177 > F tabel 2,64, serta dapat disimpulkan jika reputasi, komitmen, dan tingkat
kepercayaaan berpengaruh secara simultan dengan kepuasan nasabah. Reputasi
yang baik dapat meningkatkan rasa kepercayaan dari pihak nasabah untuk terus
berkomitmen dalam berkontribusi, sehingga tidak ada kelalaian yang timbul dari
pihak bank yang menimbulkn keresahan bagi nasabah.