Abstract :
Industri bisnis ritel mengalami penurunan yang sangat pesat yang disebabkan
oleh suatu wabah yang disebut COVID-19. Dengan adanya wabah ini omset
penjualan perusahaan ritel menjadi menutu sebabkan masyarakat lebih menggunakan
transaksi online ketimbang transaksi perdagangan langsung, hal ini mengakibatkan
industri ritel menjadi sepi dan penjualan menurun. Penelitian ini bertujuan untuk
menganalisis pengaruh Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian pada TOP
100 Grand Batam Mall. Keputusan Pembelian ini terjadi dikarenakan adanya
pengaruh dari Harga dan Promosi yang dilakukan agar dapat meningkatkan penjualan
omset pada perusahaan. Populasi pada riset ini ialah seluruh masyarakat kota Batam.
Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan masyarakat
kota batam yang pernah melakukan berbelanja di TOP 100 Grand Batam Mall.
Sampel diambil dengan menggunakan rumus lemmeshow sehingga banyaknya
sampel yang di ambil sebesar 96 responden. Pengelolahan data pada penelitian ini
menggunakan program Statistical Package For The Social Sciences (SPSS) Versi 25.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa variabel harga berpengaruh positif terhadap
keputusan pembelian dan juga hasil penelitian membuktikan bahwa variabel promosi
berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian. Dapat disimpulkan bahwa
variabel harga dan promosi bersama-sama memiliki pengaruh positif terhadap
keputusan pembelian pada TOP 100 Grand Batam Mall.