Institusion
Universitas Putera Batam
Author
Sigalingging, Iska Heriyati Br
Subject
000-009 Ilmu Umum dan Komputer
Datestamp
2021-04-03 01:51:42
Abstract :
Perkembangan teknologi di Indonesia berkembang begitu pesat. Perkembangan
ini dapat dilihat dari berbagai macam retail yang sudah menggunakan sistem
komputerisasi dalam menjalankan proses jual beli. Salah satu minimarket yang
sudah menggunakan system komputerisasi dalam melakukan proses jual beli
adalah Toko Al Barokah Mart. Data mining digunakan untuk ekstrasi informasi
penting yang tersembunyi dari dataset yang besar. Dalam pengambilan data
dilakukan dengan wawancara dan observasi, penelitian ini menggunakan metode
kuantitatif. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pola
penyusunan barang pada minimarket serta menganalisa bagaimana pola
pembelian dari konsumen. Dalam mengelola data yang didapatkan digunakan
metode association rules untuk mencari pola keterkaitan antar item yang sering
muncul di banyak transaksi. Dalam penelitian ini menentukan Support (20%) dan
Confidence (80%). Proses penentuan pola pembelian produk dilakukan dengan
menerapkan data mining dengan metode algoritma apriori. Pengolahan data pada
penelitian ini menggunakan excel dan software Tanagra. Hasil yang didapatkan
pada kasus Toko Al Barokah Mart tertinggi yang muncul pada item Fortune dan
Beras dengan nilai support 42,2% dan nilai confidence 80%, Fortune,Telur dan
Beras dengan nilai support 25,6% dan nilai confidence 80%, dan Gula,Indomie
dan Golda dengan nilai support 20% dan nilai confidence 81%. Berdasarkan hasil
yang telah diperoleh, maka dapat disimpulkan Penerapan data mining dengan
metode algoritma apriori dapat dilakukan pada kegiatan penentuan pola pembelian
konsumen, Penerapan algoritma apriori juga dapat mempercepat proses
pembentukan kecenderungan pola kombinasi itemset hasil penjualan produk dan
data transaksi yang sudah di kelola dapat diperoleh kecenderungan pola gabungan
itemset, sehingga dapat dijadikan pedoman pada pengambilan keputusan dalam
mengontrol persediaan barang dan peletakan barang sesuai pola pembelian
konsumen.