Institusion
Universitas Putera Batam
Author
Sitorus, Novita Andarwati
Subject
658.56 Manajemen Analisa Produk
Datestamp
2021-05-03 04:19:57
Abstract :
Penelitiani ini bertujuan untuk mengetahui empiris mengenai pengaruh brand
image, dan product quality terhadap loyalitas pelanggan semen Dynamix secara
simultan. Selain itu untuk mengetahui pengaruh brand image dan product quality
terhadap loyalitas pelanggan, penelitian ini dilakukan pada PT Solusi Bangun
Indonesia Tbk Batam. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah
183. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner.
Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purpose sampling dimana
sampelnya diambil berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan. Dengan
menggunakan uji validitas dan reliabilitas untuk menguji kualitas data, analisi linear
dan koefisien determinasi (R) digunakan untuk bereksperimen dengan asumsi
klasik dan untuk menguji efeknya, sementara menggunakan uji t dan uji F untuk
menguji hipotesis dengan bantuan versi SPSS 25. Hasil koefisien determinasi (R2)
menunjukkan bahwa brand image dan product quality mempengaruhi 38,3 % pada
loyalitas pelanggan. Sementara itu dapat dilihat bahwa brand image mempengaruhi
17,2 % dan product quality mempengaruhi 44,2 % pada loyalitas pelanggan dari
regresi linier berganda. Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan
ini adalah bahwa brand image memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap
loyalitas pelanggan, product quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap
loyalitas pelanggan dan secara simultan brand image dan product quality
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan.