Abstract :
Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki luas wilayah yang banyak mempunyai
pulau-pulau dan dikelilingi oleh negara-negara yang merupakan tujuan dari Imigran. Salah
satunya ialah Kantor Imigrasi Kelas II TPI Belakang Padang yang mana merupakan salah
satu kantor imigrasi yang terletak di seberang Pulau Batam Kecamatan Belakang Padang.
Analisis pada penelitian ini memakai variabel independen yakni kualitas pelayanan,
kompetensi pegawai serta variabel dependen yakni kepuasan masyarakat. Yang dijadikan
Sampel pada penelitian ini ialah masayarakat di kantor imigrasi Belakang Padang,
memakai metode teknik random sampling dinyatakan simple (sederhana). Data
dikumpulkan dengan cara mendistribusikan kuesioner kepada masyarakat yang berjumlah
353 kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian tentang hasil uji t, t hitung untuk kualitas
pelayanan dan kompetensi pegawai lebih besar dari t tabel, dapat disimpulkan ada beberapa
pengaruh positif dan kualitas pelayanan signifikan terhadap kepuasan masyarakat, ada
pengaruh positif dan signifikan kompetensi pegawai kepuasan masyarakat. Hasil uji F lebih
besar F tabel. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan kompetensi
pegawai secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
masyarakat.