Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh promosi dan citra merek
terhadap keputusan pembelian deterjen Daia di Kota Batam. Analisis pada
penelitiani ini menggunakan variabel independen yaitu promosi dan citra merek
dan variabel dependen adalah keputusan pembelian. Sampel penelitian adalah
sebagian dari konsumen yang membeli deterejen daia di Kota Batam. Sampel
menggunakan metode accidental Sampling, yaitu teknik pengambilan sampel
secara kebetulan yaitu semua orang yang secara kebetulan bertemu dengan
peneliti dapat digunakan sebagai sampel, jika dirasa orang yang kebetulan ditemui
itu memiliki karakteristik tertentu yang dibutuhkan oleh peneliti. Pengumpulan
data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada publik sebanyak 100
kuesioner. Hasil pengujian membuktikan bahwa promosi berpengaruh signifikan
dan positif terhadap keputusan pembelian pada tingkat signifikansi 0,000<0,05,
dan citra merek berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian
pada nilai signifikansi 0,004 <0,05 dan secara simultan promosi dan citra merek
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai
signifikansi 0,000 <0,05.