Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan
fasilitas terhadap kepuasan pasien pada UPT Puskesmas Sungai Langkai. Metode
penilitian yang dipakai pada penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif
dengan pendekatan kuantitatif dan menggunkan análisis regresi linier berganda.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner terhadap
343 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwasanya nilai R Square sebesar
0,724 atau 72,4% dari hasil tersebut diketahui kualitas pelayanan dan fasilitas
berpengaruh terhadap kepuasan pasien sebesar 72,4% dan sisa selebihnya 0,276
atau 27,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dianalisis. Hasil pada uji t
yaitu kualitas pelayanan mempunyai nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan t hitung
7,180 > t tabel 1.967 maknanya yaitu variabel kualitas pelayanan berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan pasien. Variabel fasilitas mempunyai nilai signifikan
0,00 < 0,05 dan t hitung 8.499 > t tabel 1.967 maknanya yaitu variabel fasilitas
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien, Berdasarkan uji F hasil yang
diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 445.488 > f tabel 3,02
maknanya variabel kualitas pelayanan dan fasilitas secara simultan berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan pasien.