Institusion
Universitas Putera Batam
Author
Siregar, Yuli Kesuma Astuti
Subject
658.27 Manajemen Perlengkapan, Manajemen Peralatan
Datestamp
2021-05-19 04:53:33
Abstract :
Perkembangan bisnis dewasa ini diwarnai dengan berbagai macam persaingan di
segala bidang. Kondisi tersebut menyebabkan para pelaku bisnis semakin dituntut
untuk memiliki strategi yang tepat dalam memenuhi target volume penjualan.
Salah satu perkembangan yang semakin ketat adalah perkembangan bisnis
terutama bisnis di bagian pasar sepeda motor. Persaingan saat ini sangat ketat,
apalagi di Kota Batam sebagai kawasan industri dan perdagangan. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan fasilitas
terhadap kepuasan konsume PT Capella Batam Center, baik secara parsial
maupun simultan. Dimana variabel bebas yaitu kualitas pelayanan dan fasilitas
mempengaruhi kepuasan konsumen sebagai variabel terikat. Sampel yang
digunakan adalah konsumen yang datangke PT Capella Batam Center dengan
jumlah 187 responden. Metode pengambilan sampel menggunakan metode
analisis linear berganda dan teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner
(angket). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Analisis kuantitatif
meliputi uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis linier berganda
koefisien determinasi (R2), uji t dan uji f. Data penelitian ini diolah dengan
menggunakan software SPSS versi 25. Hasil penelitian ini diketahui dari hasil uji
t untuk variabel kualitas pelayanan adalah 2,509> ttabel 1,683, nilai
signifikansinya adalah 0,000 <0,05 dan untuk variabel fasilitas adalah 4,020>
1,683, nilai signifikannya 0,000 <0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa variabel kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif
dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (H1 diterima) dan variabel fasilitas
secara parsial juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
konsumen (H2 diterima). Hasil uji F dimana fhitung 147,713> ftabel 3,02 dan
nilai signifikan 0,000 <0,05 dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel
kualitas pelayanan dan fasilitas secara simultan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan konsumen (H3 diterima).