Abstract :
Tujuan dari penelitian ini untuk melihat Pengaruh Kualitas Pelayanan dan
Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien di UPT Puskesmas Sei Lekop. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengambil sampel adalah Pasien
yang berkunjung di UPT Puskesmas Sei Lekop dengan jumlah sampel adalah 330
responden, dengan menggunakan pengukuran langsung dengan data primer dan
menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner yang dilakukan untuk
mengetahui informasi tentang kepuasan pasien mengenai kualitas pelayan dan
fasilitas yang diberikan UPT Puskesmas Sei Lekop . Dengan menggunakan rumus
slovin sebagai alat menentukan jumlah sampel, dengan jumlah responden laki?laki sebanyak 126 responden dan jumlah responden perempuan sebanyak 204,
dengan mengetahui r hitung 108 dan dengan menggunakan analisis deskriptif, uji
kualitas data yang dibagi pada uji validitas data dan uji reliabilitas, dan kemudian
masuk pada uji asumsi klasik yang didalamnya terdapat uji
normalitas,heterokadastisitas dan multikolineritas dan yang kemudian yang
dilanjutkan dengan uji pengaruh yang didalamnya terdapat analisis regresi linear
berganda analisis koefisien determinasi dan dilanjut pada uji hipotesis diketahui
uji t dan uji f adalah 1,967 untuk uji t dan 3,02 untuk uji f dan data tersebut diolah
dengan menggunakan aplikasi statistik SPSS versi 25. Untuk mengetahui
signifikan dari hasil uji yang dilakukan terhadap variabel kualitas pelayanan, dan
fasilitas terhadap kepuasan pasien di UPT Puskesmas Sei Lekop .