Abstract :
Kemampuan logika merupakan salah satu hal yang cukup penting yang perlu
dimiliki oleh setiap orang terutama anak-anak karena berhubungan dengan cara
seseorang berpikir untuk menyelesaikan atau mencari sebuah jawaban yang tepat
terhadap suatu masalah. Pengembangan game edukasi ini didasarkan oleh
rendahnya minat anak-anak terhadap kegiatan belajar dan tingginya tingkat
kecanduan pada game yang menyebabkan kemampuan logika tidak terlatih
dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan
kemampuan logika seseorang, terutama anak-anak melalui sebuah permainan
(game) yang berupa pertanyaan-pertanyaan yang mengasah kemampuan logika
dalam mengerti sebuah pola atau gambar yang diberikan. Cara pengumpulan data
adalah melalui wawancara dan observasi. Penyusunan perancangan game edukasi
ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang
meliputi 6 langkah, yakni Concept, Design, Material Collecting, Assembly,
Testing, dan Distribution. Namun dalam penelitian ini peneliti membatasi sampai
tahap uji coba saja. Adapun penggunaan Unified Modeling Language (UML)
untuk menguraikan cara kerja game edukasi ini yang terdiri dari 4 jenis diagram,
yakni Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram, dan Class
Diagram. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan sebuah tool atau software
yang bernama Construct 2 untuk perancangan game. Hasil dari uji coba game
edukasi ini adalah game dapat di install pada perangkat Android dan dapat
dinyatakan sebagai aplikasi yang user friendly.