Abstract :
Perkembangan teknologi yang semakin pesat ini, telah dianggap dapat
mempengaruhi sebagaian besar aspek kehidupan masyarakat dalam berbagai
bidang, terutama pada bidang pendidikan yang menggunakan media pembelajaran
augmented reality. Pengembangan aplikasi augmented reality ini berdasarkan
kurangnya visualisasi pada mata pembelajaran geografi atmosfer dan kondisi
bahan ajar yang diterapkan pada peserta didik masih terdapat kelemahan dalam
memahami bahan ajar materi tersebut, karena pengetahuan yang didapatkan masih
berfokus pada buku cetak sehingga menimbulnya rasa kebosanan pada peserta
didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan tingkat rasa
keminatan dan wawasan peserta didik dalam mengenai atmosfer, terutama pada
peningkatan daya ingat peserta didik melalui sebuah permainan yang berupa quiz.
Metode pengumpulan data yang diterapkan melalui teknik observasi, dan
wawancara. Penyusunan perancangan aplikasi augmented reality ini
menggunakan metode Markerles-Based Tracking yang merupakan metode yang
tidak memerlukan marker dalam menampilkan objek virtual. Namun dalam
penelitian ini peneliti membatasi sampai tahap uji coba saja. Adapun penggunaan
Unified Modeling Language (UML) untuk menguraikan cara kerja pada aplikasi
augmented reality ini yang terdiri dari 4 jenis diagram, yakni Use Case Diagram,
Activity Diagram, Sequence Diagram, dan Class Diagram. Dalam penelitian ini,
peneliti menggunakan sebuah tool atau software yang bernama Unity3D untuk
perancangan aplikasi. Serta menggunakan tools yang berupa Adobe Illustrator
sebagai design button dan Interface background. Hasil dari uji coba pada aplikasi
ini adalah aplikasi tersebut dapat di install pada perangkat Android serta tampilan
pada aplikasi unik dan mudah digunakan.