DETAIL DOCUMENT
Komunikasi Internal Departemen Sales Marketing Dan Departemen Front Office The Hills Hotel Batam Dalam Menghadapi Konflik Organisasi
Total View This Week0
Institusion
Universitas Putera Batam
Author
Novitasari, Novitasari
Subject
302.2 Komunikasi 
Datestamp
2021-05-19 07:54:38 
Abstract :
Komunikasi merupakan salah satu elemen penting dalam organisasi. Komunikasi yang baik antar anggota organisasi membantu organisasi mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Meskipun demikian, dalam penyampaiannya terdapat hambatan yang mengganggu komunikasi itu sendiri. Salah satu hambatan dalam penyampaian komunikasi adalah faktor individual yaitu kelalaian dalam penyampaian informasi oleh individu. Hambatan tersebut menyebabkan terjadinya konflik di organisasi sehingga dibutuhkannya manajemen konflik untuk mengatasi permasalahan komunikasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses manajemen konflik antara Departemen Sales Marketing dan Front Office di The Hills Hotel Batam yang terdiri dari proses identifikasi masalah, klasifikasi masalah, serta analisis masalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konflik terjadi akibat komunikasi yang kurang efektif sehingga menyebabkan terhambatnya pekerjaan. Manajemen konflik yang dilakukan adalah mengidentifikasi masalah yaitu adanya miskomunikasi dalam penyampaian pesan. Hal tersebut menunjukkan permasalahan yang ada terjadi akibat kurang baiknya koordinasi antara Departemen Sales Marketing dan Front Office. Penyelesaian konflik dilakukan dengan kolaborasi, yaitu pihak yang berkonflik bersama-sama mencari solusi dan mediasi, yaitu pihak manajemen yang mengambil keputusan dalam penyelesaian konflik. 
Institution Info

Universitas Putera Batam