Abstract :
Komunikasi merupakan salah satu elemen penting dalam organisasi. Komunikasi
yang baik antar anggota organisasi membantu organisasi mencapai tujuan yang
telah ditetapkan. Meskipun demikian, dalam penyampaiannya terdapat hambatan
yang mengganggu komunikasi itu sendiri. Salah satu hambatan dalam
penyampaian komunikasi adalah faktor individual yaitu kelalaian dalam
penyampaian informasi oleh individu. Hambatan tersebut menyebabkan terjadinya
konflik di organisasi sehingga dibutuhkannya manajemen konflik untuk
mengatasi permasalahan komunikasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui proses manajemen konflik antara Departemen Sales Marketing dan
Front Office di The Hills Hotel Batam yang terdiri dari proses identifikasi
masalah, klasifikasi masalah, serta analisis masalah. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif dengan metode observasi dan wawancara. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa konflik terjadi akibat komunikasi yang kurang efektif
sehingga menyebabkan terhambatnya pekerjaan. Manajemen konflik yang
dilakukan adalah mengidentifikasi masalah yaitu adanya miskomunikasi dalam
penyampaian pesan. Hal tersebut menunjukkan permasalahan yang ada terjadi
akibat kurang baiknya koordinasi antara Departemen Sales Marketing dan Front
Office. Penyelesaian konflik dilakukan dengan kolaborasi, yaitu pihak yang
berkonflik bersama-sama mencari solusi dan mediasi, yaitu pihak manajemen
yang mengambil keputusan dalam penyelesaian konflik.