Abstract :
Apple_bth merupakan suatu usaha yang menjual berbagai handphone dari berbagai
jenis dan merk. Apple_bth ini memanfaatkan berbagai media komunikasi
pemasaran dalam memasarkan produknya. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui dan menganalisa strategi komunikasi pemasaran Apple_bth dalam
meningkatkan minat pembeli melalui sosial media Instagram. Metode penelitian
yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data
dengan metode observasi lapangan dan Instagram serta wawancara kepada
informan di Apple_bth. Hasil penelitian menunjukan bahwa Apple_bth dalam
memperkenalkan produk dan layanannya kepada masyarakat luas menggunakan
strategi komunikasi pemasaran terpadu yang difokuskan untuk meningkatkan
jumlah pelanggan dan jumlah omset penjualan perusahaan. Strategi komunikasi
pemasaran terhadapi yang dilakukan oleh Apple_bth terdiri atas periklanan,
promosi penjualan, pemasaran langsung, penjualan personal, pemasaran interaktif,
pemasaran event dan hubungan masyarakat (public relations). Pelaksanaan strategi
komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Apple_bth melalui instagram meliputi
promosi penjualan dilakukan dengan memberikan potongan harga dan giveaway,
menampilkan testimoni pelanggan serta bekerja sama dengan selebgram untuk
melakukan promosi penjualan. Penjualan personal dilakukan dengan melakukan
komunikasi langsung dan meminta bantuan konsumen merekomendasaikan produk
dan layanan mereka. Pemasaran langsung dilakukan dengan melakukan transaksi
secara COD dan transaksi kepada admin secara langsung. Pemasaran event
dilakukan dengan ikut andil pada kegiatan-kegiatan e-sport dan game yang ada di
Kota Batam baik secara online maupun offline.