Abstract :
Dalam menghadapi persaingan yang ketat akibat perubahan teknologi dan
perubahan lingkungan di berbagai bidang kehidupan, semua perusahaan mencari
karyawan yang berpotensi untuk memberikan layanan terbaik dan bermanfaat.
Dengan cara ini, perusahaan tidak hanya dapat memberikan layanan yang
memuaskan (kepuasan pelanggan), tetapi juga mewujudkan nilai (nilai
pelanggan). Perusahaan yang beroperasi tidak hanya mengejar produktivitas tetapi
juga kinerja. PT Indoland Batam merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di
bidang penjualan online atau online shop yang menyediakan barang-barang
seperti peralatan kebutuhan rumah tangga, tas, sepatu, alat kecantikan, pakaian,
dan lain sebagainya. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 2017 yang beralamat di
Citra Buana Park 1, Blok H No 2, Jalan Yos Sudarso, Kampung Seraya Batam.
Dalam menentukan reward karyawan di perusahaan banyak terdapat kendala?kendala atau masalah yang harus dihadapi perusahaan antara lain efisiensi waktu,
banyak perbandingan variabel yang diuji, dan pengambilan keputusan untuk
menentukan reward karyawan. Seiring berlewatnya tahun sering kali karyawan
pada PT Indoland Batam tidak puas dengan reward yang mereka terima sehingga
masalah ini menimbulkan kurang nya kinerja karyawan, kedisiplinan karyawan,
dan loyalitas karyawan terhadap PT Indoland Batam.