DETAIL DOCUMENT
Analisis Clustering Dengan K-Means Untuk Pengelompokan Penjualan Produk Pada Hotel Newton
Total View This Week0
Institusion
Universitas Putera Batam
Author
Event, Event
Subject
004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika 
Datestamp
2021-05-24 02:47:11 
Abstract :
Kepuasan pelanggan adalah tujuan utama yang ingin dicapai oleh semua perusahaan. Salah satu bidang usaha yang berfokuskan pada kepuasan pelanggan adalah bisnis perhotelan. Selain melayani akomodasi untuk pelanggan, hotel juga menyediakan beragam produk untuk dijual. Manajemen persediaan barang sangat penting dalam bisnis hotel karena salah satu cara untuk menjaga kepuasan pelanggan adalah dengan menyimpan stok agar tidak ada barang yang kosong pada saat dibutuhkan. Selain itu, manajemen persediaan barang yang baik tidak akan membuat perusahaan mengalami kerugian akibat persediaan yang sudah kadarluasa. Data mining adalah metode umum untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan data. Data mining akan membantu dengan cara mengolah data yang telah ada dan menghasilkan pengetahuan baru terkait masalah tersebut yang diharapkan dapat menjadi solusi. Salah satu metode dalam data mining adalah clustering yang memiliki fungsi untuk mengelompokkan data dalam cluster sesuai kemiripannya. Algoritma K-means adalah algoritma yang paling umum digunakan dalam data mining clustering. Dengan menggunakan algoritma K-means data mining clustering, kita dapat mengelompokkan barang berdasarkan barang laku dan barang yang kurang laku. Penelitian ini bertujuan untuk membantu hotel Newton meningkatkan manajemen inventarisnya. Data yang digunakan adalah penjualan yang telah dilakukan yang dibagi menjadi 3 trimester. Data juga akan dievaluasi menggunakan aplikasi RapidMiner. Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah 3 cluster dimana cluster tersebut terdiri dari barang sangat laku, barang sedang dan barang tidak laku. 
Institution Info

Universitas Putera Batam