Abstract :
Kepuasan pelanggan adalah tujuan utama yang ingin dicapai oleh semua
perusahaan. Salah satu bidang usaha yang berfokuskan pada kepuasan pelanggan
adalah bisnis perhotelan. Selain melayani akomodasi untuk pelanggan, hotel juga
menyediakan beragam produk untuk dijual. Manajemen persediaan barang sangat
penting dalam bisnis hotel karena salah satu cara untuk menjaga kepuasan
pelanggan adalah dengan menyimpan stok agar tidak ada barang yang kosong
pada saat dibutuhkan. Selain itu, manajemen persediaan barang yang baik tidak
akan membuat perusahaan mengalami kerugian akibat persediaan yang sudah
kadarluasa. Data mining adalah metode umum untuk menyelesaikan masalah
yang berkaitan dengan data. Data mining akan membantu dengan cara mengolah
data yang telah ada dan menghasilkan pengetahuan baru terkait masalah tersebut
yang diharapkan dapat menjadi solusi. Salah satu metode dalam data mining
adalah clustering yang memiliki fungsi untuk mengelompokkan data dalam
cluster sesuai kemiripannya. Algoritma K-means adalah algoritma yang paling
umum digunakan dalam data mining clustering. Dengan menggunakan algoritma
K-means data mining clustering, kita dapat mengelompokkan barang berdasarkan
barang laku dan barang yang kurang laku. Penelitian ini bertujuan untuk
membantu hotel Newton meningkatkan manajemen inventarisnya. Data yang
digunakan adalah penjualan yang telah dilakukan yang dibagi menjadi 3 trimester.
Data juga akan dievaluasi menggunakan aplikasi RapidMiner. Hasil yang
diperoleh dari penelitian adalah 3 cluster dimana cluster tersebut terdiri dari
barang sangat laku, barang sedang dan barang tidak laku.