Abstract :
Perkembangan yang menyatukan ilmu pengetahuan dan teknologi membentuk
suatu penemuan baru yakni smartphone, penggunaan smartphone yang berubah
menjadi kebutuhan sehingga dimanfaatkan oleh berbagai kalangan, guna sebagai
alat bantu komunikasi, hiburan atau game, dan menyelesaikan suatu pekerjaan.
Pada dunia pendidikan smartphone menjadi alat pembelajaran yang tepat guna yang
dapat dimanfaatkan untuk digunakan dimana saja. Media pembelajaran berupa
teknologi yang ada pada smartphone adalah Augmented Reality atau realitas
tertambah didalam pembelajaran pengenalan jenis olahraga. Augmented Reality
adalah teknologi dengan menggabungkan objek maya dua dimensi dan tiga dimensi
kedalam lingkungan dan waktu nyata secara interaktif. Perubahan metode
pembelajaran mengarah kepada berbasis digital dengan menggunakan teknologi
komputer yang menerima masukan seperti audio dan video. Penelitian ini dilakukan
untuk memperkenalkan jenis olahraga. Salah satu media pembelajaran alternatif
dan dapat dilakukan pengembangan adalah pengenalan jenis olahraga terdapat
beberapa olahraga yaitu, sepak bola, bola voli, bola basket, bola kasti, atletik (jalan
cepat, lari, lompat jauh dan lempar cakram), pencak silat, senam dan renang.
Adanya dukungan dari perangkat lunak Blender jenis olahraga tersebut dibuat
menjadi kedalam bentuk tiga dimensi (3D), database Vuforia dan Unity Engine
sebagai perangkat lunak yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi
Augmented Reality yang menggunakan Bahasa pemrograman C#. Aplikasi yang
dihasilkan yaitu aplikasi Augmented Reality dengan objek olahraga secara virtual
dalam bentuk tiga dimensi (3D) dan dapat ditampilkan dalam waktu nyata
(realtime). Marker adalah pola atau penanda berupa gambar yang akan dikenali
oleh kamera dengan mengarahkan kamera yang ada pada smartphone kepada
marker yang telah dicetak maka pada smartphone akan ditampilkan objek tiga
dimensi. Aplikasi Augmented Reality dapat digunakan pada smartphone dan
menghasilkan sebuah aplikasi tentang jenis olahraga untuk digunakan oleh siswa
yang berbasis android. Pada pemanfaatan teknologi Augmented Reality diharapkan
bisa menjadi media alternatif, sehingga menjadi menarik dan variatif dalam
mempelajari tentang jenis olahraga.