Abstract :
Gadget House merupakan salah satu UMKM yang bergerak dibidang elektronik
yaitu berjualan laptop bekas. UMKM tersebut berdiri sejak tahun 2016 mulai dari
pemasaran melalui marketplace. Masalah yang dihadapi Gadget House selama ini
adalah belum adanya sarana pendukung peningkatan penjualan menggunakan
teknologi yang mampu mendorong branding pada UMKM Gadget House sehingga
keberadaan UMKM Gadget House masih belum banyak dikenal oleh masyarakat
sehingga tingkat penjualan belum ada potensi meningkat dan pemasaran yang
terjebak dalam perang harga karena persaingan yang ketat dalam marketplace.
Berbeda jika Gadget House memasarkan produk melalui web e-commerce, tidak
akan ada persaingan yang terjadi dalam satu platform dan jika pemasarannya
dilakukan dengan baik, maka bisa jauh melebihi marketplace. Berdasarkan masalah
yang dihadapi, maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui
bagaimana cara merancang dan mengimplementasi sistem informasi penjualan
berbasis web. Metode yang digunakan adalah SDLC model Waterfall yang terdiri
dari analisa kebutuhan, desain, pembuatan kode program, pengujian, penerapan dan
pemeliharaan. Hasil dari penelitian ini adalah adanya sistem informasi penjualan
berbasis web yaitu web ecommerce dapat membuat pemasaran menjadi lebih
terarah tanpa harus bersaing dengan kompetitor dalam satu platform dan diharapkan
dapat meningkatkan brand awareness jika dengan pemanfaatan SEO yang tepat.