Abstract :
PT. Batam Bintan Telekomunikasi memiliki beberapa karyawan yang tersebar di
beberapa ruangan. Media komunikasi adalalah cara yang paling penting untuk
menjaga komunikasi antar karyawan. Sebelumnya, media komunikasi yang
digunakan di PT Batam Bintan Telecommunication adalah telepon PABX (Private
Automatic Branch Exchange), tetapi dalam penerapan PABX telepon tidak optimal
karena setiap ruangan hanya memiliki satu PABX Line saja sedangkan di satu
ruangan terdiri dari delapan orang karyawan. Oleh karena itu, diperlukan
optimalisasi sistem komunikasi antara karyawan PT Batam Bintan telekomunikasi.
Optimalisasi sistem komunikasi dilakukan dengan cara menerapkan Voice over
Internet Protocol (VoIP) sebagai media komunikasi penggantian PABX. Voip
diimplementasikan menggunakan Trixbox server, SIP phone, Zoiper, MicroSIP
sebagai aplikasi untuk membuat panggilan pada komputer klien dan VPN sebagai
pengaman antar client. Setiap karyawan nantinya akan dibuatkan account VoIP
yang di daftarkan pada server trixboxx dengan memberikan nomor telephone dan
password pada account VoIP tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan
VoIP pada komputer di lingkungan PT. Batam Bintan telekomunikasi yang
dihubungkan oleh Trixbox server, VoIP dapat memfasilitasi komunikasi antar
karyawan yang berguna untuk menunjang kinerja karyawan.Dengan adanya VoIP
ini diharapkan dapat menggantikan komunikasi sebelumnya yang digunakan di PT.
Batam Bintan Telekomunikasi yaitu dengan mengganti PABX dengan VoIP dengan
memanfaatkan fasilitas internet di PT. Batam Bintan Telekomunikasi.