Abstract :
Public Relations merupakan divisi yang relatif krusial pada sebuah organisasi,
bukan hanya bertujuan untuk menjaga relasi antara pihak internal dan eksternal
dari sebuah organisasi melainkan juga untuk membentuk citra atau
mempertahankan citra organisasi yang telah terbentuk sehingga publik mengetahui
tentang organisasi tersebut. Citra yang baik juga akan memberikan efek yang baik
bagi organisasi begitu juga sebaliknya. Praktisi Public Relations menggunakan
media sosial sebagai sarana untuk mempertahankan citra The Best Learning Place
for Children pada Sekolah Yehonala. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk
mengetahui bagaimana peran Public Relations Sekolah Yehonala dalam
penggunaan media sosial untuk mempertahankan citra sebagai The Best Learning
Place for Children. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah metode
penelitian kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data Depth
Interview. Dalam penelitian ini, teknik analisis data menggunakan interactive
model oleh Miles dan Huberman. Hasil penelitian ditemukan bahwa Praktisi
Public Relations membuat berbagai konten untuk dipublikasikan di media sosial
dan menjadi perantara antara publik eksternal dan internal. Jika dikaji dengan teori
peran Public Relations oleh Cutlip, Center dan Broom didapatkan bahwa peranan
praktisi Public Relations Sekolah Yehonala sebagai teknisi komunikasi dan
fasilitator komunikasi.