DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Fasilitas dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada PT Cahaya Express di Kota Batam
Total View This Week0
Institusion
Universitas Putera Batam
Author
Oskar, Oskar
Subject
650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan 
Datestamp
2021-04-01 09:22:33 
Abstract :
Perkembangan bisnis di bidang ekspedisi pengiriman barang ditandai dengan meningkatnya persaingan yang ketat dimana setiap perusahaan berusaha maksimal untuk memperoleh jumlah pelanggan sebanyak-banyaknya. Dalam mempertahankan keberlangsungan hidup sebuah perusahaan, hal yang menjadi pedoman adalah kepuasan pelanggan. Dalam mencapai kepuasan pelanggan, pihak perusahaan harus memperhatikan dua variabel masalah yaitu fasilitas dan kualitas pelayanan. PT. Cahaya Express adalah salah satu perusahaan swasta yang bergerak pada bisnis ekspedisi pengiriman barang yang menyediakan jasa pengiriman barang untuk peti kemas bermuatan penuh (Full Container) maupun yang bermuatan sedikit melalui pelayaran laut. Variabel fasilitas dan kualitas pelayanan pada PT Cahaya Express masih kurang, tentunya akan membawa pengaruh negatf jika tidak dicari solusi dalam mengatasinya. Maka dari itu, ada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh fasilitas dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelangan PT. Cahaya Express. Penelitian ini memiliki populasi sebanyak 219 pelanggan. Sampel yang di gunakan adalah teknik teknik simple random sampling dikatakan simple (sederhana) karena pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada. Hasil sampel sebanyak 141 pelanggan dengan hasil dari perhitungan rumus slovin. Teknik pengambilan data pada penelitian ini dengan menggunakan kuesioner. Metode pengolahan data pada penelitian ini menggunakan SPSS 25. Berdasarkan hasil pengujian menyatakan fasilitas dan kualitas pelayanan secara simultan memiliki perngaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan 
Institution Info

Universitas Putera Batam