Abstract :
Perkembangan bisnis di bidang ekspedisi pengiriman barang ditandai
dengan meningkatnya persaingan yang ketat dimana setiap perusahaan berusaha
maksimal untuk memperoleh jumlah pelanggan sebanyak-banyaknya. Dalam
mempertahankan keberlangsungan hidup sebuah perusahaan, hal yang menjadi
pedoman adalah kepuasan pelanggan. Dalam mencapai kepuasan pelanggan,
pihak perusahaan harus memperhatikan dua variabel masalah yaitu fasilitas dan
kualitas pelayanan. PT. Cahaya Express adalah salah satu perusahaan swasta yang
bergerak pada bisnis ekspedisi pengiriman barang yang menyediakan jasa
pengiriman barang untuk peti kemas bermuatan penuh (Full Container) maupun
yang bermuatan sedikit melalui pelayaran laut. Variabel fasilitas dan kualitas
pelayanan pada PT Cahaya Express masih kurang, tentunya akan membawa
pengaruh negatf jika tidak dicari solusi dalam mengatasinya. Maka dari itu, ada
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh fasilitas dan
kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelangan PT. Cahaya Express. Penelitian
ini memiliki populasi sebanyak 219 pelanggan. Sampel yang di gunakan adalah
teknik teknik simple random sampling dikatakan simple (sederhana) karena
pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa
memperhatikan strata yang ada. Hasil sampel sebanyak 141 pelanggan dengan
hasil dari perhitungan rumus slovin. Teknik pengambilan data pada penelitian ini
dengan menggunakan kuesioner. Metode pengolahan data pada penelitian ini
menggunakan SPSS 25. Berdasarkan hasil pengujian menyatakan fasilitas dan
kualitas pelayanan secara simultan memiliki perngaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan pelanggan