Abstract :
Persaingan bisnis yang dihadapi perusahaan-perusahaan saat ini semakin ketat,
sehingga menuntut para manajemen perusahaan untuk lebih cermat dalam
menentukan strategi bersaing dengan perusahaan lainnya agar dapat menang
dalam persaingan yang dihadapi. Bidang teknologi saat ini turut berperan penting
dalam perkembangan transportasi yang ada di zaman ini. Perusahaan yang
bergerak dibidang jasa transportasi khususnya transportasi online dalam
mempertahankan kelangsungan bisnisnya, perusahaan dapat menjaga kepuasan
pelanggan dengan mencoba berbagai cara. Tingkat kepuasan pelanggan dilihat
dari berbagai faktor seperti kualitas produk dan kualitas pelayanan. Arah
penelitian ini adalah untuk memastikan hasil kualitas produk dan kualitas layanan
terhadap kepuasan pelanggan dengan menggunakan teknik purposive sampling
dengan jumlah sampel 100 responden. Metode pengumpulan data dengan
menyebarkan kuesioner. Pengujian kualitas data dalam penelitian menggunakan
uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji pengaruh suatu penelitian
menggunakan analisis regresi linier berganda dan analisis koefisien determinasi,
untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan uji t dan uji F, pengujiannya
menggunakan versi software SPSS 25. Koefisien determinasi (R2) yang diperoleh
dari variabel kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap
kepuasan pelanggan sebesar 78,2%. Hasil uji regresi linier berganda menunjukkan
bahwa kualitas produk berpengaruh sebesar 74.3% terhadap kepuasan konsumen
dan kualitas pelayanan berpengaruh sebesar 31.1% terhadap kepuasan konsumen.
Berdasarkan hasil uji t dan uji F dapat disimpulkan bahwa kualitas produk dan
kualitas layanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
pelanggan dan kualitas produk dan kualitas layanan secara simultan berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan pelanggan pengguna aplikasi Gojek.