Abstract :
Nilai perusahaan pada sebuah perusahaan adalah nilai yang sangat penting karena
persaingan antar perusahaan sangat kompetitif sehingga modal yang diperlukan
cukup besar bagi perusahaan untuk memperluas pangsa pasar, kegiatan operasional
dan pembiayaan lainnya. Dengan itu, hanya satu cara akan dapatkan pemodalan
dana dari pihak eksternal adalah melalui cara investor buat tertarik bagi yang
melakukan investasi di perusahaan. Para investor akan menanamkan modalnya
pada suatu perusahaan tentunya mereka mempertimbangkan apakah nilai
perusahaan tersebut baik atau tidak.Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh
bukti pengamatan yang telah dilakukan mengenai analisis profitabilitas dan
kebijakan dividen terhadap nilai perusahaan menufaktur yang terdaftar di Bursa
Efek Indonesia. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor
industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2015-
2019 sebanyak 42 perusahaan. Penelitian ini menggunakan 14 perusahaan
manufaktur yang telah diseleksi menggunakan metode purposive sampling selama
lima tahun. Teknik pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS versi 26.00. hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa Profitabilitas (ROE) tidak berpengaruh
signifikan terhadap nilai perusahaan, hal ini di lihat dari nilai signifikan uji t sebesar
0,22 > 0,05. profitabiitas (NPM) tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai
perusahaan, hal ini di lihat dari nilai signifikan uji t sebesar 0,116 > 0,05. Kebijakan
dividen (DPR) tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, hal ini di
lihat dari nilai signifikan uji t sebesar 0,106 > 0,05. Profitabilitas (ROE),
profitabiitas (NPM), dan kebijakan dividen (DPR) secara bersama-sama secara
simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, hal ini di
lihat dari nilai signifikan uji f sebesar 0,000 < 0,05.