Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fasilitas pelayanan dan
kualitas produk terhadap kepuasan konsumen. Studi Kasus Forum Jual Beli Tiban
Kota Batam dengan menggunakan teknik simple random sampling. Uji kualitas
data penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji
pengaruh menggunakan analisis regresi linier berganda, analisis koefisien
determinasi (R2), pengujian hipotesis menggunakan penelitian (uji t) dan (uji f)
dengan menggunakan SPSS 25 program perangkat lunak. Determinasi (R2)
menunjukkan bahwa variabel fasilitas pelayanan dan kualitas produk sebesar
60,4% terhadap kepuasan pelanggan. Hasil uji regresi linier berganda
menunjukkan bahwa fasilitas pelayanan (X1) berpengaruh sebesar 34,1% terhadap
kepuasan konsumen (Y) dan kualitas produk (X2) berpengaruh sebesar 36,0%
terhadap kepuasan konsumen (Y). Dari hasil pengujian dan pengujian didapatkan
bahwa fasilitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
pelanggan dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepuasan konsumen, sedangkan fasilitas pelayanan dan kualitas produk secara
bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.