Abstract :
Perusahaan jasa melakukan persaingan dalam menjual layanan sesuai yang
dibutuhkan saat ini dengan ciri khas masing-masing untuk menarik pelanggan
sebanyak mungkin agar menggunakan jasa mereka serta merasakan kepuasan
terhadap jasa yang diterimanya. Untuk dapat memuaskan pelanggan, penyedia jasa
harus memperhatikan beberapa hal yang pada akhirnya akan menimbulkan rasa
loyalitas dari pelanggan bagi perusahaan penyedia jasa tersebut. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, CRM dan kepercayaan
pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada PT Armada Lintas Samudra. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan populasi sebanyak
118 orang. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah
kuesioner. Teknik pengambilan sampel yang diambil adalah sampel jenuh yang
berarti semua populasi dijadikan sampel. Data diolah menggunakan SPSS versi 26
dengan hasil penelitian diketahui t hitung > t tabel yaitu 5,095 > 1,98027 dengan
nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang berarti bahwa kualitas pelayanan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan PT Armada Lintas Samudra, t
hitung CRM diketahui > t tabel yaitu 4,066 > 1,98027 dengan signifikansi 0,000 <
0,05 yang berarti bahwa CRM berpengaruh positif dan signifikan terhadap
loyalitas pelanggan PT Armada Lintas Samudra. Hasil t hitung kepercayaan
pelanggan > t tabel yaitu 4,899 > 1,98027 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 yang
berarti kepercayaan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap
loyalitas pelanggan PT Armada Lintas Samudra. Dan ada Kualitas Pelayanan,
CRM dan Kepercayaan Pelanggan secara bersama-sama berpengaruh positif dan
signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Terbukti dengan hasil uji F (simultan)
yang bernilai (F hitung) 66,897 > 2,68 (F tabel) dengan nilai signifikan pada
0,000 < 0,05. Serta nilai R Square nya 0,628.