Abstract :
Perkembangan dunia usaha bisnis jasa menunjukkan semakin ketatnya persaingan
yang ada pada masing-masing perusahaan. maka perusahaan sangat dianjurkan
untuk meningkatkan citra merek yang ada agar semakin terkenal oleh masyarakat
umum. setelah itu fasilitas yang ada juga di perusahaan sangat penting untuk
menunjang bagaimana supaya pelanggan puas denga apa yang pelanggan inginkan,
bahkan juga kualitas pelayananan memberikan pelayanan sesuai yang diharapkan
pelanggan dan tidak kalah model dengan usaha bisnis jasa Barbershop lainnya yang
trend supaya pelanggan merasa loyalitas. karena semakin tinggi tingkat kualitas
pelayanan yang diberikan dan dirasakan, maka akan semakin tinggi tingkat loyalitas
pelanggan di Jhon Barbershop. dalam penelitian ini, peneliti melakukan penelitian
mengenai pengaruh citra merek (X1), fasilitas (X2) dan kualitas pelayanan (X3)
terhadap loyalitas pelanggan (Y) pada Jhon Barbershop di Batam. metode yang
peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dan pengumpulan
data melalui penyebaran kuesioner google form. Penelitian ini mempunyai populasi
2360 dan setelah dihitung dengan menggunakan rumus slovin, maka sampel yang
di dapatkan sebanyak 100 sampel. Penelitian ini dibantu dengan alat pengolahan
data SPSS versi 25. Variabel citra merek dengan hasil t hitung > t tabel yaitu 2.020
> 1.660 dengan signifikansi 0,046 < 0,05.,variabel Fasilitas nilai t hitung > t tabel
yaitu 4,389 > 1,660 dengan signifikansi 0,000 < 0,005. variabel Kualitas Pelayanan
nilai t hitung > t tabel yaitu 2,799 > 1,660 dengan signifikansi 0,004 < 0,05. hasil
dari penelitian ini menyatakan bahwa secara parsial citra merek memiliki pengaruh
positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, fasilitas memiliki pengaruh
positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. dan kualitas pelanggan
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. secara
simultan citra merek, fasilitas dan kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan
signifikan terhadap loyalitas pelanggan,