Abstract :
Saat ini perkembangan bisnis telah diwarnai dengan berbagai macam persaingan di
segala bidang. Kondisi tersebut menyebabkan pebisnis semakin dituntut untuk
mempunyai strategi yang tepat dalam memenuhi target volume penjualan. Salah satu
perkembangan yang semakin ketat adalah perkembangan bisnis di bidang perhotelan.
Persaingan hotel di Indonesia saat ini sangat ketat, khususnya di Kota Batam sebagai
daerah industri dan perdagangan, Kota Batam juga di kembangkan sebagai daerah
wisata. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan
fasilitas terhadap kepuasan konsumen OS Hotel di Kota Batam baik secara parsial
maupun simultan. Di mana variabel independen yaitu kualitas pelayanan dan
fasilitas, mempengaruhi kepuasan konsumen sebagai variabel dependen nya. Sampel
para tamu yang menginp di OS Hotel di Kota Batam sebanyak 212 responden.
Metode pengumpulan pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dan
teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket). Jenis penelitian
kuantitatif. kuantitatif meliputi uji validitas, reliabelitas, asumsi klasik, analisis linier
berganda koefisien determinasi (R2
), uji t dan uji f. Data penelitian ini diolah dengan
menggunakan perangkat lunak SPSS versi 22. Hasil penelitian ini diketahui uji t
dimana hasil uji thitung untuk kualitas pelayanan 3,3882 > ttabel 1,652 nilai signifikan
0,000 < 0,05 dan untuk fasilitas 8,466 > 1,652, nilai signifikan 0,000 < 0,05.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan secara
parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (H1
diterima) dan fasilitas secara parsial juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kepusan konsumen (H2 diterima). Hasil uji f dimana fhitung 118,966 > ftabel 3,03 dan
nilai signifikan 0,000 < 0,05 hasil tersebut dapat disimpulkan kualitas pelayanan dan
fasilitas secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan
konsumen (H3 diterima).