Abstract :
Lingkup bisnis khususnya pada bidang jasa kini berkembang pesat, bisnis yang
bertumbuh dengan pesat di Indonesia ialah pariwisata. Salah satu kota Indonesia
yang gencar dalam meningkatkan pariwisatanya adalah kota Batam. Tujuan
penelitian ini adalah: (1) agar bisa mengetahui dampak kualitas pelayanan
terhadap tingkat hunian; (2) agar bisa mengetahui dampak fasilitas terhadap
tingkat hunian; (3) agar bisa mengetahui dampak iklan digital terhadap tingkat
hunian; (4) agar bisa mengetahui dampak kualitas pelayanan, fasilitas, dan iklan
digital terhadap tingkat hunian. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian
deskriptif melalui pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya
menggunakan kuesioner google form. Populasi dalam penelitian ini adalah tamu
RedDoorz Plus near Kepri Mall. Jumlah sampel dalam penelitian adalah 150
orang dengan teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling
melalui metode simple random sampling. Aplikasi yang digunakan dalam
mengolah data penelitian adalah SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: (1) terdapat pengaruh kualitas pelayanan terhadap tingkat hunian dengan
diperoleh t hitung > t tabel,t hitung sebesar 4,149 sedangkan t tabel sebesar 1,976;
(2) tidak terdapat pengaruh fasilitas terhadap tingkat hunian dengan diperoleh t
hitung < t tabel,t hitung sebesar 0,846 sedangkan t tabel sebesar 1,976; (3) terdapat
pengaruh iklan digital terhadap tingkat hunian dengan diperoleh t hitung > t tabel,t
hitung sebesar 2,037 sedangkan t tabel sebesar 1,976; (4) kualitas pelayanan,
fasilitas, dan iklan digital bersama-sama berpengaruh terhadap tingkat hunian
dengan diperoleh f hitung > f tabel, f hitung sebesar 53,851 sedangkan f tabel
sebesar 1,976.