Abstract :
Pada saat ini persaingan dunia usaha ritel semakin ketat dengan semakin
banyaknya pusat perbelanjaan. Bisnis ritel merupakan bisnis yang terus
mengalami perkembangan dan banyak diminati. Persaingan membuat perusahaan?perusahaan di bidang ritel berupaya agar menjadi ritel pilihan konsumen serta
mempertahankan konsumennya. Setiap penyedia jasa harus mengetahui
kepentingan ataupun harapan konsumen agar konsumen merasa puas dan menjadi
konsumen yang setia dengan perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kepuasan, dan kepercayaan terhadap
loyalitas konsumen PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. Metode yang digunakan
kuantitatif dengan desain kausalitas menggunakan uji analisis regresi linier
berganda. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 135 konsumen
PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk. Data diolah dengan menggunakan program
SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa kualitas pelayanan
berpengaruh positif sebesar 4,566 lebih besar dari t tabel 1,97824 dan signifikan
dengan nilai sig t 0,000 lebih kecil dari alpha 0,05. Kepuasan berpengaruh positif
sebesar 7,612 lebih besar dari t tabel 1,97824 dan signifikan dengan nilai sig t
0,000 lebih kecil dari alpha 0,05. Sedangkan kepercayaan berpengaruh positif
sebesar 2,707 lebih besar dari t tabel 1,97824 dan signifikan dengan nilai sig t
0,008 lebih kecil dari alpha 0,05. Secara simultan kualitas pelayanan, kepuasan,
dan kepercayaan berpengaruh positif dengan nilai F hitung 101,260 > 2,67 F tabel
dan signifikan sebesar 0,000<0,05 terhadap loyalitas konsumen PT Sumber
Alfaria Trijaya, Tbk. Untuk hasil uji determinasi menyatakan kualitas pelayanan,
kepuasan, dan kepercayaan mempunyai korelasi terhadap loyalitas konsumen
sebesar 69,2% sedangkan sisanya sebesar 30,8% dipengaruhi oleh variabel lain
yang tidak diteliti dalam penelitian ini.