Abstract :
Kepuasan pelanggan merupakan suatu kondisi dimana terpenuhinya keinginan,
kebutuhan dan sebuah harapan pelanggan terhadap jasa ataupun produk, dalam
dunia industri perhotelan salah satu faktor penentunya kepuasan pelanggan ialah
kualitas pelayanan dan fasilitas. Kualitas pelayanan yang baik akan membuat para
pelanggan bahagia, nyaman dan aman, tentu ini akan mendorong pelanggan agar
senantiasa mengunakan jasa itu berulang-ulang, kemudian fasilitas yang bagus
dan memadai akan memberikan rasa nyaman dan aman bagi pelanggan yang
mengunakan fasilitas tersebut. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengatahui dan
memahami pengaruh dari kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan
pelanggan yang menginap di Hotel Sahid Batam Center baik itu secara parsial
maupun simultan. Populasi yang diambil untuk penelitian ini merupakan tamu
yang menginap di Hotel Sahid Batam Center. Untuk pengambilan sampel
mengunakan teknik nonprobability sampling yang memakai metode sampling
insidental, sehingga diperoleh sampel sebanyak 149 sampel. Variabel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan (X1), fasilitas (X2) dan
kepuasan pelanggan (Y). Metode dalam menganalisis data menggunakan metode
analisis regresi linier berganda dengan alat bantu SPSS (Statistical Package for
Social Sciences) versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukan kualitas pelayanan
secara parsial berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan pelanggan,
kemudian fasilitas secara parsial berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan
pelanggan, serta kualitas pelayanan dan fasilitas secara simultan berpengaruh
signifikan positif terhadap kepuasan pelanggan.