DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Tamu Menginap Di Hotel Sahid Batam Center
Total View This Week0
Institusion
Universitas Putera Batam
Author
Rahmadi, Dicky
Subject
647.94068 Manajemen Perhotelan 
Datestamp
2021-05-29 07:53:15 
Abstract :
Kepuasan pelanggan merupakan suatu kondisi dimana terpenuhinya keinginan, kebutuhan dan sebuah harapan pelanggan terhadap jasa ataupun produk, dalam dunia industri perhotelan salah satu faktor penentunya kepuasan pelanggan ialah kualitas pelayanan dan fasilitas. Kualitas pelayanan yang baik akan membuat para pelanggan bahagia, nyaman dan aman, tentu ini akan mendorong pelanggan agar senantiasa mengunakan jasa itu berulang-ulang, kemudian fasilitas yang bagus dan memadai akan memberikan rasa nyaman dan aman bagi pelanggan yang mengunakan fasilitas tersebut. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengatahui dan memahami pengaruh dari kualitas pelayanan dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan yang menginap di Hotel Sahid Batam Center baik itu secara parsial maupun simultan. Populasi yang diambil untuk penelitian ini merupakan tamu yang menginap di Hotel Sahid Batam Center. Untuk pengambilan sampel mengunakan teknik nonprobability sampling yang memakai metode sampling insidental, sehingga diperoleh sampel sebanyak 149 sampel. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan (X1), fasilitas (X2) dan kepuasan pelanggan (Y). Metode dalam menganalisis data menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan alat bantu SPSS (Statistical Package for Social Sciences) versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukan kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan pelanggan, kemudian fasilitas secara parsial berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan pelanggan, serta kualitas pelayanan dan fasilitas secara simultan berpengaruh signifikan positif terhadap kepuasan pelanggan. 
Institution Info

Universitas Putera Batam