Abstract :
Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh ROA (Return On Asset), ROI
(Return On Investment) dan EPS (Earning Per Share) terhadap Harga Saham pada
Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menguji beberapa
perusahaan Manufaktur sekstor industri konsumsi yang menampilkan laporan
keuangannya periode 2015 sampai 2019. Metode analisis data yang digunakan yaitu
uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji multikolonieritas, uji autokorelasi dan
uji heterokedastisitas. Uji lain yang digunakan pada penelitian ini adalah uji regresi
linear berganda dan uji hipotesis menggunakan t-statistic untuk menguji secara
parsial variabel-variabel, untuk menguji koefisien regresisimultan menggunakan f
statistic dengan level signifikan 5%. Hasil uji normalitas menunjukkan data
penelitian berdistribusi normal. Berdasarkan uji multikolonierita, uji autokorelasi,
dan uji heterokedastisitas tidak ditemukan penyimpangan dari asumsi klasik. Hasil
penelitian ROA secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham
dengan nilai signifikan 0.00 yang berarti nilainya lebih kecil dari 0.05. Variabel
ROI tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Harga Saham dengan nilai
signifikan 0,759 lebih besar dari 0,05. Dan variabel EPS tidak memiliki pengaruh
signifikan terhadap Harga Saham dengan nilai signifikan sebesar 0,348 lebih besar
dari 0,05. Variabel ROA, ROI, dan EPS secara simultan memiliki pengaruh yang
signifikan terhadap Harga Saham dengan nilai signifikan 0,00. Dengan koefisien
determinasi sebesar 39,0 persen yang artinya variabel ROA, ROI, EPS
mempengaruhi Harga Saham sebesar 39,0 persen dan sisanya dipengaruhi oleh
variabel lain yang tidak dimasukkan pada penelitian ini.