Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas produk dan promosi
terhadap keputusan pembelian rumah di Golden City Residence. Tingkat
penjualan di PT Alam Jaya Sentosa mengalami penurunan dari tahun ke tahun .
Hal ini diketahui dari masukan komplainan dari konsumen akan perumahan
Golden City Residence. Selain itu, kualitas produk yang ditawarkan kurang sesuai
dengan harapan konsumen sehingga tingkat penjualan belum mencapai tingkat
sebagaimana yang diharapkan. Metode analisis data penelitian ini menggunakan
analisis data kuantitatif, dan menggunakan penelitian deskriptif, Alat
pengumpulan data primer menggunakan kuesioner yang akan dibagikan kepada
konsumen PT Alam Jaya Sentosa dalam bentuk google form. Dalam penelitian
ini, peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel probability sampling yang
meliputi sampel jenuh yaitu peneliti akan mengambil semua konsumen yang
terdapat di PT Alam Jaya Sentosa. Sampel yang didapatkan sebanyak 118 orang
di perumahan Golden City Residence.Data akan diolah dengan menggunakan
aplikasi SPSS versi 24. Hasil persamaan analisis regresi linear berganda adalah Y
= 13,147 + 0,227.X1 + 0,422.X2. Berdasarkan hasil uji determinasi didapatkan
hasil sebesar 37,7% dijelaskan oleh dua variabel independen yaitu kualitas produk
dan promosi sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang ditidak dibahas dalam
penelitian ini yaitu sebanyak 62,3%. Berdasarkan hasil pengolahan data yang
dilakukan, menunjukkan bahwa kualitas produk dan promosi berpengaruh positif
dan signifikan terhadap keputusan pembelian.