Abstract :
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh merek dan
kualitas produk terhadap preferensi konsumen dalam pembelian frozen food di
Kota Batam. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik
Simple Random Sampling dengan jumlah populasi sebanyak 202 orang maka
jumlah sampel diambil dengan menggunakan perhitungan rumus slovin sebanyak
152 responden. Data diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan kepada
masyarakat Taman Kota Mas di Batam. Analisis data dilakukan dengan
menggunakan analisis regresi linear berganda. Uji kualitas data dalam penelitian
ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik dalam
penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji
heteroskedastisitas dan uji pengaruh menggunakan analisis regresi linear berganda
dan analisis koefisien determinasi (R2), sedangkan uji hipotesis dalam penelitian
ini menggunakan uji t dan uji F dengan menggunakan software program SPSS
Versi 21. Hasil penelitian menunjukan bahwa merek berpengaruh secara
signifikan terhadap preferensi konsumen dan kualitas produk juga berpengaruh
secara signifikan terhadap preferensi konsumen serta merek dan kualitas produk
secara bersama-sama berpengaruh terhadap preferensi konsumen dalam
pembelian frozen food di Kota Batam.