Abstract :
Di tahun 2020, banyak e-commerce yang bisa dinikmati di Indonesia. Pengguna internet
meningkat setiap tahun. Itu bisa menjadi salah satu peluang paling efektif dalam dunia
bisnis. Berdasarkan Iprice Insight pada Q3 tahun 2019, Tokopedia memiliki pengunjung
terbanyak dibandingkan Shopee. Pada Q4 tahun 2020 Shopee melampaui jumlah
pengunjung Tokopedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat analisis
pengaruh ease of use, shopping experience dan advertisement terhadap minat beli e?commerce customers Tokopedia di Kota Batam. Penelitian melakukan penelitian dengan
jumlah sampel 385 responden berdasarkan non probability sampling dengan pengambilan
sampel purposive. Metode analisis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi linier
berganda. Uji kualitas data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas,
uji asumsi dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji multikolinieritas, uji
heteroskedastisitas, dan uji pengaruh menggunakan uji regresi linier berganda dan uji
koefisien determinasi, sedangkan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan
f. tes. Dengan menggunakan software statistik SPSS 20. Berdasarkan hasil penelitian uji-t
menunjukkan bahwa variabel kemudahan penggunaan, pengalaman berbelanja dan iklan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, yang artinya Ha diterima dan Ho
ditolak. Hasil penelitian uji f menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan, pengalaman
berbelanja dan beriklan secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap
minat beli, yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima.