Abstract :
Di era globalisasi dan teknologi ini, tuntutan akan perubahan di semua bidang
bisnis di dunia saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
kualitas produk, kualitas pelayanan, dan promosi terhadap kepuasan konsumen
pada PT Sukses Energi baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian yang
digunakan dalam penelitian tersebut adalah penelitian deskriptif yang
menggunakan pendekatan kuantitatif. Perangkat lunak yang digunakan untuk
mengelola dan menganalisis data adalah SPSS versi 25. Pengambilan sampel
dalam penelitian ini menggunakan nonprobability sampling sebanyak 105
responden. Berdasarkan hasil pengujian, diperoleh hasil uji multikolinieritas
menunjukkan nilai kualitas produk sebesar 1,208<10 dan tolerance yakni 0,828>
0,10, nilai kualitas pelayanan sebesar 1,188 <10 dan tolerance yakni 0,842>0,10,
dan nilai promosi sebesar 1,197<10 dan tolerance yakni 0,836 > 0,10. Karena
VIF memeroleh nilai <10 dan tolerance >0,1, disimpulkan tidak ditemukan
korelasi antara variabel bebas. Hasil uji hekteroskedastisitas menunjukkan kualitas
produk nilai sig 0,352, kualitas pelayanan nilai sig 0,773, dan promosi nilai sig
0,309 disimpulkan hasil penelitian ini tidak mengalami gejala hekteroskedastisitas
karena signifikan tiap variabel >0,05. Disimpulkan hasil ini telah memenuhi
kriteria model regresi yang baik. Hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 25,5%.
Hasil uji t menunjukkan nilai kualitas produk sebesar 2.344>1.98326 dengan sig
0.021<0.05 yang artinya kualitas produk berpengaruh positif atau signifikan
terhadap kepuasan konsumen, nilai kualitas pelayanan sebesar 2.649>1.98326
dengan sig 0.009<0.05 yang artinya kualitas pelayanan berpengaruh positif atau
signifikan terhadap kepuasan konsumen, dan nilai promosi adalah 2.625>1.98326
dengan sig 0.010 <0.05 artinya promosi berpengaruh positif signifikan terhadap
kepuasan konsumen. Sedangkan hasil uji f menunjukkan nilai 12,842>2,69
dengan sig 0,000<0,05, sehingga secara simultan variabel kualitas produk,
kualitas pelayanan, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan
konsumen.