Abstract :
Gagasan yang dilakukan pemerintah pada masa pandemi Covid-19 adalah tinggal
di rumah dan menjaga jarak fisik dan sosial diikuti dengan perubahan metode
kegiatan belajar mengajar tatap muka menjadi online. Pembelajaran berbasis
online memberikan kemudahan bagi pelajar atau mahasiswa dalam banyak hal,
karena keterbatasan jarak bukan lagi menjadi kendala. Masalah yang muncul
akibat pembelajaran online berdampak pada kepuasan siswa dalam belajar.
Dampak negatif yang dirasakan siswa sebagai akibat dari pembelajaran online
berdampak langsung pada ketidakpuasan siswa dalam melaksanakan aktivitas
belajarnya. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
kemandirian belajar, aksesibilitas dan gaya belajar terhadap kepuasan mahasiswa
manajemen di Universitas Internasional Batam. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 295 mahasiswa
manajemen aktif Universitas Internasional Batam 2019/2020. Analisis data
menggunakan analisis linier berganda dengan menggunakan software SPSS versi
25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemandirian dan aksesibilitas belajar
tidak berpengaruh terhadap kepuasan siswa, namun gaya belajar berpengaruh
terhadap kepuasan siswa.