Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kelengkapan
produk dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan pada Minimarket Boymart
Dikota Batam. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode linier
berganda. Desain penelitian operasi yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Dalam penelitian ini tes sudah terdiri dari validitas, reabilitas, uji asumsi klasik,
analisis regresi berganda, koefisien determinasi, uji-t dan uji-f. Pengambilan
sampel telah dikembangkan melalui purposive sampling, terdiri dari 116
responden. Data telah dikumpulkan dengan instrumen utama kuesioner.
Berdasarkan hasil pengujian melalui analisis regresi berganda menunjukan
kelengkapan produk berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan sebesar 41,2% dan
kepercayaan berpengaruh sebesar 24,1% terhadap loyalitas pelanggan. Koefisien
determinasi memiliki analisis untuk R2 sebesar 72,2% sedangkan hasil sisanya
27,8% dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil penelitian menunujukan bahwa
terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap kelengkapan produk terhadap
loyalitas pelanggan, terdapat pengaruh positif kepercayaan terhadap loyalitas
pelanggan dan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial atau simultan
terhadap loyalitas pelanggan pada Minimarket Boymart.