Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah inovasi produk dan kualitas
produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian PT Agung Toyota Batam yang
bergerak di industri otomotif. Penelitian ini menggunakan dua variabel bebas
yaitu variabel inovasi produk dan variabel kualitas produk. Teknik pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuesioner
dengan menggunakan metode simple random sampling, sehingga sampel yang
digunakan dalam penelitian ini berjumlah 104 responden. Penelitian ini
menggunakan metode analisis data teknis, seperti pengujian validitas, pengujian
reliabilitas, pengujian hipotesis klasik, analisis regresi linier berganda, pengujian
koefisien determinasi dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa variabel inovasi produk tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan pembelian, variabel kualitas produk berpengaruh positif terhadap
keputusan pembelian dan sangat signifikan terhadap keputusan pembelian.
Sedangkan variabel inovasi produk dan kualitas produk secara simultan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian PT Agung
Toyota Batam. Variabel dalam penelitian ini memiliki pengaruh sebesar 32,4%
terhadap keputusan pembelian. Sedangkan 67,6% dipengaruhi oleh variabel lain
yang berasal dari luar penelitian ini.