Abstract :
Kualitas pelayanan dan distribusi produk menjadi peran yang sangat penting dalam
operasional bisnis terutama perusahaan yang bergerak dibidang perdagangan
barang fisik. Perusahaan yang berada di kawasan perdagangan bebas seperti kota
Batam sangat memperhatikan peran pelayanan yang dapat diberikan dengan
harapan apa yang pelanggan inginkan, serta distribusi yang lama akan membuat
pelanggan memutuskan membeli pada kompetitor. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui seberapa pengaruh kualitas pelayanan dan distribusi terhadap
keputusan pembelian pada PT Ekadharma International Tbk Cabang Batam dengan
teknik pengambilan sampling jenuh yaitu semua pelanggan yang ada sehingga
mendapatkan jumlah sampel 120 responden. Metode pengumpulan data yaitu
dengan kuesioner yang disebarkan langsung. Uji kualitas data dalam penelitian ini
menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji pengaruh
dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda dan analisis
koefisien determinasi (R2
), sedangkan uji hipotesis dalam penelitian ini
menggunakan (uji t) dan (uji F) dengan menggunakan software program SPSS versi
26. Hasil Koefisien determinasi (R2
) yang diperoleh adalah variabel kualitas
pelayanan dan distribusi berpengaruh 74,6% terhadap keputusan pembelian. dari
hasil uji t dan uji f, maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial kualitas pelayanan
dan distribusi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, serta secara
simultan kualitas pelayanan dan distribusi berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian.