Institusion
Universitas Putera Batam
Author
Andriawan, Mohammad Havas
Subject
658.81 Manajemen Pemasaran
Datestamp
2021-06-30 09:06:26
Abstract :
Semakin bertumbuhnya transportasi udara, maka seiring waktu berjalan telah
banyak munculnya perusahaan maskapai penerbangan, yang ditandai
beroperasinya berbagai jenis perusahaan penerbangan di Indonesia. PT. Paras
Tour Travel merupakan salah satu perusahaan travel agent yang menjadi mitra
kerja perusaha mini, terdapat berbagai macam jenis jasa pelayanan antara lain,
paket tour, dokumen perjalanan, hotel, dan berbagai tiket pesawat. Tujuan utama
dari peneltian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh lokasi dan
pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada PT Paras Tour And Travel Batam,
baik secara parsial maupun simultan. Rasio yang digunakan sebagai variabel
independen yaitu lokasi dan pelayanan, sedangkan yang digunakan sebagai
variabel dependen adalah kepuasan konsumen. Data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah data PT Paras Tour Ans Travel mulai bulan september?februari tahun 2020. Metode pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan
teknik pemilihan sampel purposive sampling, yaitu pemilihan sampel berdasarkan
kriteria dan pertimbangan tertentu. Model yang digunakan untuk menganalisis
data dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Dari hasil penelitian
setelah dilakukan pengujian diketahui bahwa variabel lokasi secara parsial
berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Variabel
pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.
Secara simultan variabel lokasi dan pelayanan berpengaruh positif dan signifikan
terhadap kepuasan konsumen pada PT Paras Tour And Travel Batam.