Abstract :
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh
Current Ratio, Net Profit Margin terhadap harga saham pada perusahaan
manufaktur subsektor makanan dan minuman yang tercatat di Bursa Efek
Indonesia. Diperoleh jumlah sampel sebanyak 9 perusahaan dari 26 perusahaan
selama periode penelitian 5 tahun pada sektor manufaktur. Sehingga jumlah
sampel 45 perusahaan selama periode pengamatan 5 tahun. Teknik analisis yang
digunakan adalah analisis regresi berganda dan uji hipotesis menggunakan uji t
secara parsial, uji F secara simultan dengan nilai level of significance 5% dan uji
koefisien determinasi. Hasil uji secara parsial, Nilai signifikansi dari current ratio
memiliki nilai sebesar 0,841 nilai ini lebih besar dari 0,05, nilai t hitung sebesar -
0,202 < t tabel sebesar 2,01808 menunjukkan bahwa variabel Current Ratio
bepengaruh tidak signifikan terhadap harga saham, Nilai signifikansi dari Net
Profit Margin memiliki nilai sebesar 0,758 nilai lebih besar dari 0,05, hasil
analisis nilai t hitung sebesar -0,310 < t tabel sebesar 2,01808 menunjukkan
bahwa variabel Net Profit Margin berpengaruh tidak signifikan terhadap harga
saham dan nilai F hitung 0,058 < F tabel 3,22 dan memiliki signifikansi 0,944
nilai lebih besar dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa current ratio dan net
profit margin secara simultan berpengaruh tidak signifikan terhadap harga saham
.Nilai R square sebesar 0,003 %, Nilai ini menunjukkan bahwa variabel
independen mampu menjelaskan variansi variabel harga saham sebesar 0,003 %
sedangkan 99,997 % dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang
tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.