Abstract :
Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisa pengaruh keragaman produk (X1)
dan kualitas pelayanan (X2) terhadap loyalitas pelanggan (Y) pada PT CSK
Insulation Engineering di kota Batam. Penelitian ini adalah kuantitatif dan
penyebaran data melalui kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah jumlah
pelanggan PT CSK Insulation Engineering tahun 2019. Sampel dalam penelitian
ini mencapai 146 melalui teknik Slovin, maka kuesioner ini disebarkan kepada
responden yang berjumlah 146 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini menggunakan teknik Nonprobability sampling yaitu teknik pengambilan
sampel yang tidak memberi peluang atau kesempatan sama bagi setiap unsur atau
anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Selanjutnya data yang telah
terkumpul dianalisis dengan analisis regresi berganda dengan bantuan alat hitung
SPSS (Statistic product and Service Solution) versi 25. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa keragaman produk (X1) dan kualitas pelayanan (X2)
mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y) pada
PT CSK Insulation Engineering di kota Batam dan variabel keragaman produk
(X1) secara parsial memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap
loyalitas pelanggan (Y), dan variabel kualitas pelayanan (X2) secara parsial
memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan
(Y). Secara simultan keragaman produk (X1) dan kualitas pelayanan (X2)
memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y)
pada PT CSK Insulation Engineering di kota Batam.