Abstract :
Saat ini lingkungan bisnis yang bergerak sangat cepat dan dinamis dalam waktu
yang singkat mengakibatkan persaingan yang semakin ketat, serta
mempertahankan nasabah setia, salah satunya BPR yang saat ini sangat pesat
menyebar, mengakibatkan persaingan yang sangat ketat dan menantang. Salah
satunya persaingan dalam keragaman produk tabungan dimana setiap BPR
memiliki produk tabungan yang berbeda-beda sehingga dapat menarik perhatian
nasabah penabung. Namun kepercayaan nasabah sangat penting bagi nasabah
untuk tetap menabung dalam jangka panjang. Sebagai lembaga keuangan yang
mengandalkan kepercayaan masyarakat, kepercayaan nasabah kepada bank akan
mempengaruhi nasabah dalam mengambil keputusan sehingga nasabah merasa
aman dan nyaman selama bertransaksi. Dalam dunia perbankan, banyak pesaing
yang saling mempengaruhi antara lain kepercayaan, keragaman produk, citra
merek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kepercayaan, keragaman
produk dan citra merek berpengaruh terhadap keputusan menabung di BPR Dana
Central Mulia. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kausalitas
yang berkaitan dengan pendekatan kuantitatif. Sampel ditentukan dengan
menggunakan probability sampling sebanyak 150 responden. Pengumpulan data
menggunakan kuesioner yang diukur dengan skala likert. Data yang terkumpul
dianalisis dengan program program SPSS versi 21 diperoleh hasil t hitung
kepercayaan 17,739, keragaman produk 6,923, citra merek 3,454 masing-masing
sig nol dibandingkan dengan t tabel 1,97796 kemudian t hitung> t tabel, untuk uji
f hitung 877,553 > f tabel 3.06 menyimpulkan bahwa kepercayaan, keragaman
produk, citra merek berpengaruh signifikan dan simultan terhadap keputusan
nebaung di BPR Dana Central Mulia Batam dengan penelitian determinasi (R2)
berpengaruh sebesar 9,46%.