Abstract :
Seiring berkembangnya zaman bidang teknologi, perusahaan-perusahaan semakin
tertantang dalam menggunakan teknologi sebagai alat atau media untuk tetap
bertahan dan memenangkan persaingan yang makin hari makin ketat dan keras.
Internet merupakan salah satu media yang tidak asing lagi bagi kehidupan
masyarakat di Indonesia bahkan di dunia. Akhir-akhir ini penggunakan internet
yang menjurus kepada cyberspace kelihatan akan mendominasi seluruh kegiatan
di dunia ini dan akan menjadi alat media untuk persaingan antara perusahaan yang
satu dengan yang lain. Globalisasi ekonomi juga menbuat perubahan menjadi
konstan, pesat, radikat dan serentak. Sehingga perusahaan harus memiliki
kemampuan bersaing dengan para kompetator. Perusahaan dalam menjual suatu
produk melalui internet berbasis web adalah untuk memudahkan pekerjaan
dengan biaya rendah dan menghubungkan banyak orang. Tujuan dari penelitian
ini adalah untuk menemukan permasalahan yang ada pada UMKM ZXID di Kota
Batam dalam menyampaikan informasi produk dan layanan kepada pelanggan,
memudahkan pelanggan untuk melihat rincian informasi barang yang di inginkan
baik jenis barang atau harga barang, mendukung pemasaran yang lebih menarik
karena di sertakan gambar-gambar produk, dan lebih efektif dan efisien sehingga
menurunkan biaya operasional. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah
mengembangkan membuat suatu sistem yang lebih baik, yang lebih jelas
mengenai bagaimana merancang dan membangun sebuah e-commerce.