DETAIL DOCUMENT
Hubungan persepsi perawat sebagai edukator dengan pelaksanaan discharge planning di satu rumah sakit swasta indonesia bagian tengah = the relationship of nurse perception as an educator with the implementation of discharge planning in the central Indonesi
Total View This Week4
Institusion
Universitas Pelita Harapan
Author
Rangga, Fransiska Denata
Vasquien, Sandra
Subject
RT Nursing 
Datestamp
2019-05-13 00:49:03 
Abstract :
Perawat dalam menjalankan perannya sebagai edukator juga menjadi bagian dalam discharge planning (perencanaan pulang). Discharge planning yang tidak dilaksankan dapat meningkatkan angka rawat ulang yang pada akhirnya pasien akan menanggung pembiayaan untuk biaya rawat inap di Rumah Sakit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan persepsi perawat sebagai edukator terhadap pelaksanaan Discharge Planning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dengan desain cross sectional, kelompok eksperimen 43 orang perawat di satu Rumah Sakit Swasta Indonesia Bagian Tengah. Tehnik pengambilan sampel adalah total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner dan melakukan observasi, data yang di dapat dari hasil jawaban kuesioner dan observasi diolah dengan komputerisasi dan kemudian dilakukan analisis. Hasil penelitian didapatkan dari 43 responden, bahwa 93,02% responden memiliki persepsi negatif, 6,98% responden memiliki persepsi positif terhadap perannya sebagai edukator. Sebagian besar responden tidak melaksanakan discharge planning yaitu sebanyak 83,72% dan 16, 28% responden melaksankan discharge planning. Ada hubungan antara persepsi perawat sebagai edukator dengan pelaksanaan discharge planning di Rumah Sakit Swasta Indonesia Bagian Tengah dengan nilai p 0,000 = The nurse plays an educator role and becomes part of the discharge planning. Unscheduled exhaust planning may increase the numbers for patients who will pay for hospitalization costs. The purpose of this research is to identify the salary relationship as educator to the implementation of Planning Home. The method used in this research is quantitative correlational with cross sectional design, experimental group of 43 nurses in one hospital in central Indonesia. The sampling technique is total sampling. Data collection is done by distributing questionnaires and measurements, data can be obtained from different results and information. Result of research got from 43 respondents that 93,02% of respondents have negative perception, 6,98% of respondent have positive perception to its role as educator. Most of the respondents did not undertake home planning that was as much as 83.72% and 16, 28% of respondents carried out planning home. There is a relationship between the nurse's perception as an educator with the implementation of discharge planning at Private Hospital in Central Indonesia with p value 0.000. 
Institution Info

Universitas Pelita Harapan