Abstract :
Tesis ini mengkaji implementasi dan dampak dari program mentoring sebagai strategi untuk membentuk spiritualitas siswa di SMK Kristen Immanuel Pontianak. Spiritualitas siswa memiliki peran penting dalam pengembangan karakter, etika, dan kualitas kepribadian mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sejauh mana program mentoring dapat mempengaruhi perkembangan spiritualitas siswa dan memahami bagaimana elemen-elemen tertentu dalam program mentoring dapat memainkan peran dalam proses ini. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan studi kasus melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen sebagai alat pengumpulan data. Sampel penelitian terdiri dari 138 siswa, 4 mentor, 1 Gembala Sekolah, dan 1 Kepala Sekolah yang terlibat dalam program mentoring di SMK Kristen Immanuel Pontianak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program mentoring memiliki dampak positif dalam membentuk spiritualitas siswa. Para mentor memiliki peran yang signifikan dalam memberikan bimbingan, dukungan, dan contoh-contoh positif kepada siswa. Selain itu, elemen-elemen seperti refleksi diri, dialog terbuka, dan pengembangan nilai-nilai spiritual juga memiliki kontribusi penting dalam proses ini. Penelitian ini menyediakan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya program mentoring dalam membentuk spiritualitas siswa di lingkungan sekolah. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa institusi pendidikan dapat mempertimbangkan untuk mengintegrasikan program mentoring sebagai strategi yang lebih terstruktur dalam upaya meningkatkan perkembangan spiritualitas siswa. Dengan demikian, hasil penelitian ini dapat memberikan panduan yang berharga bagi pengembangan program mentoring di sekolah-sekolah lain dengan tujuan serupa.