DETAIL DOCUMENT
PERSEPSI MAHASISWA TENATANG GAYA MENGAJAR DOSEN DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ARSITEKTUR FPTK UPI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Pendidikan Indonesia
Author
Iko Wahyu Pratama, -
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2023-09-01 09:29:54 
Abstract :
Gaya mengajar guru merupakan segala aktivitas guru yang dilakukan dalam kegiatan pembelajaran di kelas menyangkut karakteristik, sikap, pembawaan dan metode mengajar yang digunakan. Keberhasilan dalam proses pembelajaran di Universitas tak lepas dari pentingnya peranan gaya mengajar yang guru (dosen) terapkan kepada murid (mahasiswa). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang gaya mengajar dosen di JPTA FPTK UPI dan juga untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang aspek dari gaya mengajar dosen tersebut, yaitu :karakteristik, sikap, prilaku, dan metode mengajar yang digunakan. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Pendidikan Teknik Arsitektur FPTK-UPI , dengan menggunakan metode penelitian deskriptif dan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Arsitektur angkatan 2010-2008 (S1), dengan sampel 128 orang mahasiswa yang kemudian dibagi dengan menggunakan pengambilan sampel berstrata selanjutnya masing-masing sampel stratum tiap-tiap angkatan dipasangkan dengan mata kuliah objek penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan angket (kuesioner) dengan skala likert. Kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah dengan perhitungan prosentase. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil (1) hasil perhitungan prosentase secara keseluruhan mengenai variabel gaya mengajar adalah sudah baik dan masuk kriteria tinggi sebesar 66,85%. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa sudah berpersepsi baik tentang gaya mengajar dosen di JPTA FPTK UPI. (2) Penelitian ini menemukan bahwa pada aspek karakteristik diperoleh hasil yang sudah baik dan masuk dalam kriteria tinggi sebesar 68,11%. (3) pada aspek sikap diperoleh hasil yang sudah baik dan masuk dalam kriteria tinggi sebesar 68,01%. (4) pada aspek diperoleh hasil yang sudah baik dan masuk dalam kriteria tinggi sebesar 65,43%, dan (5) pada aspek metode mengajar diperoleh hasil yang sudah baik dan masuk dalam kriteria tinggi sebesar 62,94%. Kata Kunci : persepsi, gaya mengajar. 
Institution Info

Universitas Pendidikan Indonesia