Abstract :
Kemampuan mengenal bilangan penting untuk dimiliki oleh anak. Anak yang
memiliki kemampuan mengenal bilangan sesuai dengan target akan berdampak
untuk jenjang lebih lanjut. Akan tetapi, nyatanya tidak sedikit anak yang belum
memiliki kemampuan mengenal bilangan. Sehingga muncul permasalahan
kemampuan mengenal bilangan pada anak belum mencapai target perkembangan.
Permasalahan tersebut menuntut untuk perlu adanya metode pembelajaran untuk
menanganinya. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas
media kantong bilangan dalam meningkatkan kemampuan mengenal bilangan.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Pre?eksperimen. penelitian ini dilakukan pada anak kelompok A TK Aisyiyah
Bustanul Athfal 11 Bandung. Dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 16 orang
anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Data
penelitian diperoleh dengan menggunakan instrument penelitian. Penelitian
dilakukan dengan tiga tahap yaitu pre-test, treatment, dan post-test. Hasil dari
penelitian ini yaitu, kondisi awal kemampuan mengenal bilangan pada anak masih
belum mencapai target perkembangan ditandai dengan masih adanya kesulitan?kesulitan saat kegiatan berlangsung, dan masih tergolong kategori rendah. Lalu
setelah diberikan treatment berupa penggunaan media kantong bilangan,
kemampuan mengenal bilangan anak memiliki peningkatan yang signifikan, yang
disebabkan bahwa media kantong bilangan menarik bagi anak, sehingga anak
dalam berkegiatan menjadi antusias dan memiliki kategori sangat tinggi. Dengan
ini efektivitas media kantong bilangan dapat dipertimbangkan dalam
meningkatkan kemampuan mengenal bilangan pada anak dan menjadi motivasi
untuk guru dan peneliti selanjutnya untuk mengembangkan kemampuan
mengenal bilangan dengan menggunakan metode pembelajaran dengan media
lainnya yang lebih menarik untuk meningkatkan kemampuan mengenal bilangan. The ability to recognize numbers is important for children to have. Children who
have the ability to recognize numbers according to the target will have an impact
on further levels. However, in fact there are not a few children who do not yet
have the ability to recognize numbers. So that the problem of the ability to
recognize numbers in children has not reached the development target. These
problems require the need for learning methods to handle them. For this reason,
the purpose of this study was to determine the effectiveness of number bag media
in increasing the ability to recognize numbers. This research method uses a
quantitative approach with a pre-experimental design. This research was
conducted on group A children at TK Aisyiyah Bustanul Athfal 11 Bandung. With
the number of research subjects as many as 16 children. Data collection
techniques through observation and documentation. Research data obtained by
using research instruments. The research was conducted in three stages, namely
pre-test, treatment, and post-test. The results of this study are that the initial
condition of the ability to recognize numbers in children has not yet reached the
development target, marked by difficulties during the activity, and is still in the
low category. Then after being given treatment in the form of using number bag
media, the ability to recognize children's numbers has a significant increase,
which is due to the number bag media being attractive to children, so that children
in activities become enthusiastic and have a very high category. With this the
effectiveness of the number bag media can be considered in improving the ability
to recognize numbers in children and become a motivation for teachers and future
researchers to develop the ability to recognize numbers by using learning methods
with other media that are more interesting to improve the ability to recognize
numbers.